[TUGAS BIOKIM] Uji Kualitatif Protein


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Protein berasal dari bahas Yunani yaitu “proteios” yang berarti bertingkat pertama. Protein merupakan makromolekul yang menyusun lebih dari separuh bagian dari sel. Protein menentukan ukuran dan struktur sel, komponen utama struktur sel dari system komunikasi antar sel serta sebagai katalis berbagai reaksi biokimia di dalam sel. Karena itulah sebagian besar aktifitas penelitian biokimia tertuju pada protein khususnya hormone, antibody, dan enzim.

            Semua jenis protein terdiri dari rangkaian dan kombinasi dari 20 asam amino. Setiap jenis protein mempunyai jumlah dan urutan asam amino yang khas. Di dalam sel, protein terdapat pada membrane plasma maupun membrane internal yang menyusn organel sel seperti mitokondria, reticulum endoplasma, nucleus, dan beadan golgi dengan fungsi yang berbeda-beda tergantung pada tempatnya. Protein-protein yang terlibat dalam reaksi sebagian berupa enzim.
Protein merupakan komponen utama bagi semua benda hidup termasuk mikroorganisme, hewan, dan tumbuhan. Protein merupakan rantaian gabungan 22 jenis asam amino protein ini memainkan  berbagai peranan dalam benda hidup dan bertanggung jawab untuk fungsi dan ciri-ciri benda hidup. Keistimewaan lain dari protein ini adalah strukturnya yang mengandung N, C, H, O, dan S kadang-kadang P, Fe, dan Cu.
Dengan demikian maka salah satu cara terpenting yang cukupp spesifik untuk menentukan jumlah protein secara kuantitatif adalah dengan penetuan kandungan N yang ada dalam bahan makanan atau bahan lain.

download makalah full click here

Comments
0 Comments

0 komentar: